A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Di zaman sekarang, kendaraan roda empat alias mobil bukan lagi menjadi sebuah barang mewah melainkan kebutuhan vital. Mobil menjadi moda transportasi pilihan keluarga apalagi yang memiliki anggota keluarga dalam jumlah yang cukup besar. Kemudahan dalam bepergian atau mudik menjadi alasan mengapa mobil menjadi barang idaman keluarga Indonesia. Namun memilih mobil yang ideal bagi keluarga itu susah-susah gampang. Selain harus memperhatikan model dan spesifikasinya, harga unit juga tentu menjadi pertimbangan.

Selain hal-hal yang disebutkan diatas, satu hal sepele namun harus dipertimbangkan adalah soal shockbreaker, salah satu bagian pada mobil yang berfungsi meredam getaran. Bagi keluarga terkhusus yang memiliki anggota keluarga anak-anak ataupun lansia, memilih mobil dengan shockbreaker yang nyaman harus turut jadi pertimbangan.

Saya pernah punya pengalaman kala melakukan perjalanan bersama keluarga ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan dari Pangkalanbun, Kalimantan Tengah dengan waktu tempuh sekitar 13 jam. Waktu itu kondisi shockbreaker kami memang sudah tua, alhasil pinggang pegal dan sepanjang perjalanan saya merasa mual disebabkan badan terasa terguncang selama perjalanan. Maka dari itu, menurut saya faktor kenyamanan shockbreaker ini sangat penting untuk menentukan sebuah mobil yang ideal bagi keluarga.

Shockbreaker, Bagian Penting pada Mobil yang Sering Terlupakan…

Shockbreaker digunakan untuk meredam kejutan ketika mobil Anda diperlambat atau mengalami benturan keras karena permukaan berlubang. Bayangkan jika komponen ini tidak ada, Anda dapat bergoyang begitu keras, atau malah terlempar ketika menghajar lubang jalan saat kecepatan tinggi. Bahaya lainnya adalah kerusakan komponen yang dapat merenggut nyawa pengendara karena kerusakan fatal.

Bila dilihat dari posisi, pemasangan shockbreaker mobil dibagi menjadi dua, bagian depan digunakan untuk kenyamanan handling kendaraan ketika melaju di jalanan, sedangkan bagian belakang digunakan untuk menjaga kestabilan serta beban muatan. Pada mobil jenis MPV seperti All New Avanza, terdapat perbedaan sistem kerja dan bentuk shockbreaker pada bagian depan dan belakang.

Untuk sistem kerjanya, shockbreaker terbagi menjadi dua yakni kerja tunggal, serta kerja ganda. Umumnya, kendaraan roda empat menggunakan kerja ganda.

Dalam memilih mobil ideal bagi keluarga, komponen shockbreaker ini harus jeli diperiksa. Apakah unit mobil yang hendak dibeli memiliki shockbreaker yang nyaman ataupun tidak. Selain itu perlu juga dilakukan berbagai perawatan agar shockbreaker mobil bisa awet lebih lama.

Selain shockbreaker, hal lain yang juga harus menjadi pertimbangan dalam memilih mobil keluarga adalah :

  1. Jumlah penumpang. Anda harus menghitung berapa perkiraan jumlah penumpang dalam 1 mobil misalnya ayah, ibu, kakek, nenek, anak dst
  2. Tentukan kapasitas mobil. Semakin besar kapasitas mobil tentu akan semakin bertenaga. Misalnya anda tinggal di sekitar Kalimantan yang mana ruas jalanannya belum seluruhnya beraspal, patut mempertimbangkan mobil dengan cc besar. Namun konsekuensinya, mobil dengan cc besar pada umumnya boros bahan bakar.
  3. Mengetahui konsumsi bahan bakar. Anda harus memperhitungkan secara jeli agar mobil tidak menguras dompet untuk membeli bahan bakar. Apalagi jika durasi pemakaian cukup sering.
  4. Memperhatikan fitur keselamatan. Saat ini banyak mobil dengan fitur keselamatan yang cukup baik, misalkan airbag. Ini juga harus dipertimbangkan agar keluarga selamat diperjalanan.
  5. Biaya perawatan. Terkadang sebuah keluarga kurang memperhitungkan biaya perawatan mobil. Hasrat ingin memiliki mobil mewah namun tak sebanding dengan kemampuan merawatnya. Pertimbangkan betul-betul hal ini, agar jangan sampai mobil yang sudah dibeli mahal-mahal akhirnya tak terawat karena tak memiliki dana.

Toyota All New Avanza, Mobil Ideal Keluarga Indonesia. Luas bodynya, Irit Bahan Bakar, Nyaman Shockbreakernya dan MURAH harganya!

mobil keluarga all new avanza

Bicara tentang mobil ideal untuk keluarga, siapa sih yang tak kenal sama Toyota Avanza. Sejak pertama kali diluncurkan memang Toyota Avanza digadang-gadang sebagai mobil paling ideal untuk rata-rata keluarga Indonesia. Bodynya yang besar sehingga dapat memuat banyak penumpang, bahan bakar yang irit serta tentu harganya yang tak bikin kantong menjerit menjadi alasan mengapa Toyota Avanza dipilih oleh banyak orang sebagai mobil keluarga. Baru-baru ini, Toyota menghadirkan varian terbaru yakni All New Avanza dengan kualitas shockbreaker yang konon lebih nyaman dan minim getaran dibandingkan pendahulunya.

Jika Moms dan Dads sedang berencana membeli mobil dalam waktu dekat, Moms bisa mengunjungi Auto2000. Seperti yang kita ketahui, Auto2000 merupakan jaringan jasa perawatan, penjualan serta penyediaan suku cadang resmi Toyota. Sekarang ini, Auto2000 bahkan menjadi retailer Toyota yang paling besar serta menguasai hingga 42% dari keseluruhan penjualan Toyota. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi Auto2000.co.id. 

error: content is protected