5 Buku Rekomendasi Untuk Dibaca Oleh Ibu Hamil

buku-tentang-kehamilan

Hai, sebenarnya sudah lama saya ingin sharing tentang ini, tapi selalu tertunda karena sesuatu dan lain hal. Alhamdulillah selama hamil kemarin, saya lumayan banyak mengkhatamkan buku. Sebuah prestasi yang jarang-jarang bisa dicapai. Dari belasan buku yang telah saya selesaikan beberapa diantaranya adalah buku-buku seputar kehamilan. Saat hamil Qonita kemarin saya merasa excited sekali, sekaligus deg-degan karena patah hati akibat keguguran sebelumnya terasa belum terlalu sembuh. Ya, saya dinyatakan hamil kembali sebulan setelah keguguran. Hanya melalui 1 kali siklus menstruasi. Alhamdulillah, seems too good to be true. Karenanya memang saya sengaja banyak membeli dan membaca buku-buku tentang kehamilan ini, dengan tujuan agar tubuh, hati dan pikiran saya lebih siap menyambut kehamilan yang sehat, bahagia dan berdaya pada kehamilan kali ini.  Kalau kamu sedang hamil, saran saya mungkin ada baiknya juga untuk memperkaya wawasan seputar kehamilan, persalinan, menyusui hingga pengasuhan anak. Karena bagaimanapun juga, setelah sang bayi lahir nanti kamu akan memasuki fase kehidupan yang baru, yang penuh dengan tantangan, yaitu fase hidup menjadi seorang Ibu. Agar lebih percaya diri menjalani tantangan demi tantangan di fase hidup ini, tidak ada salahnya kan kita belajar dan mempersiapkan diri. 😊

 

Nah ini dia 5 buku seputar kehamilan, persalinan, menyusui hingga pengasuhan anak yang saya baca kemarin.

  • BUKU-HAMIL

What to expect When You’re Expecting by Heidi Murkoff (New 4th Edition) 

Ini salah satu buku kehamilan paling hits sedunia, pernah beberapa kali meraih penghargaan dan sudah diterjemahkan ke berbagai Bahasa. Saya sendiri mengetahui buku ini pertama kali gara-gara menonton salah satu adegan pada serial Once Upon A Time di ABC TV, dalam film itu ada adegan dimana Zelena, yang diperankan oleh Rebeca Mader sedang membaca buku ini ketika hamil. Setelahnya, saya juga sempat melihat buku ini pada postingan andienippekawa dan pada artikel blog nya alodita, saking banyaknya review tentang buku ini akhirnya saya beli. Dan memang benar buku ini super duper lengkap. Isinya sangat menyeluruh, mulai dari persiapan kehamilan, perubahan symptoms yang terasa setiap bulan, referensi makanan sehat, penggunaan obat-obatan yang pregnancy safe, daftar bahan kimia pada skincare dan makeup yang harus dihindari selama hamil, mitos dan fakta seputar hamil, hingga tentang persalinan. Buku ini amat sangat detail, rasanya setiap kali merasa khawatir akan sesuatu yang terjadi pada kehamilan saya kemarin, hal pertama yang saya lakukan adalah membuka buku ini dan jawabannya hampir pasti akan saya temukan disana. Buku ini sudah semacam kitab suci untuk ibu hamil. Buku what to expect whe you’re expecting yang saya miliki adalah yang versi Bahasa Inggris, harganya saya lupa tapi kalau tidak salah ingat kurang dari Rp 300.000 belinya di Australia nitip sama teman. Kalau kamu ingin membeli buku ini, rasanya bisa ditemukan di periplus atau di online shop yang menawarkan jasa titip barang dari luar negri.

The Conny Method – (Menjalani Kehamilan dan Persalinan dengan Tenang, Nyaman, Bahagia serta Penuh Percaya Diri) – Conny Widya Herminadan Agus Wiraja 

Ini adalah buku hypnobirthing pertama yang saya punya. Penulisnya, Agus dan Conny adalah sepasang suam istri yang tinggal di Bali dan telah menjadi praktisi gentle birth danhypnobirthing selama bertahun-tahun. Buku ini sendiri terwujud dari pengalaman pribadi Conny saat melahirkan anaknya dengan proses gentle birth dan hypnobirthing, karena merasakan manfaatnya yang luar biasa yaitu persalinan yang lebih tenang , santai dan bahagia maka Conny terinspirasi untuk mendalami ilmu gentle birth dan hypnobirthing lalu kemudian menuliskan buku ini. Buku ini berisi banyak sekali afirmasi positif untuk membuat kita lebih percaya diri menghadapi persalinan. Di bagian akhir buku juga terdapat beberapa instruksi gerakan endorphin massage untuk memicu kontraksi saat terjadi pembukaan, perineum massage untuk persiapan perineum agar lebih lentur sebelum persalinan, hingga teknik-teknik hypnosis yang bisa digunakan saat menjelang persalinan. Buku ini sifatnya juga lebih tekniks sih, penggunaan bahasanya banyak menggunakan Bahasa ilmiah namun masih cukup sederhana untuk kita fahami. Saya membeli buku ini di online shop, preloved alias bekas pakai. Harganya waktu itu kalau tidak salah seratusan ribu. Rasanya di toko buku semacam gramedia, buku ini ada dijual.

Bebas Takut Hamil dan Melahirkan – Yesie Aprillia

Ini adalah buku yang ditulis oleh “guru saya”. Kalau kamu membaca artikel tentang persiapan persalinan saya disini, pasti kamu sudah tau betapa saya mengidolakan Bidan Yesie Aprilia. Beliau adalah seorang bidan sekaligus pakar hypnobirthing di Klaten. Di bukunya beliau banyak membahas tentang bagaimana seorang ibu bisa menyiapkan diri menyambut persalinan bahagia. Terdapat pula pembahasan teknik pernafasan persalinan, Fase-fase persalinan, cara melakukan induksi alami, danDi bagian akhir buku juga terdapat instruksi yoga untuk persiapan persalinan (prenatal yoga) mulai dari teknik yoga untuk membuka panggul, melenturkan jalan lahir dan lain sebagainya.

Anti Stress Menyusui – dr.Asti Praborini, Sp.A, IBLC & dr.Ratih Ayu Wulandari, IBCLC 

Saya mendapatkan buku ini sebagai hadiah ketika baru melahirkan dari seorang teman, namanya Kak Apri. Pada buku ini saya juga mendapatkan tanda tangan khusus dari kedua penulis, senang banget rasanya karena memang saya sudah lama mengikuti Instagram dr.ratih di @menjadiibu. Buku ini amat sangat membantu saya semasa dalam proses menyusui. Sama seperti buku what to expect when you’re expecting diatas yang menjadi manual book kehamilan. Buku anti stress menyusui ini juga menjadi manual book dan kitab suci bagi saya dalam menjalani proses menyusui Qonita. Buku ini super lengkap,membahas secara menyeluruh proses menyusui dalam Bahasa yang cukup sederhana dan mudah dimengerti. Ada kisah inspiratif tentang ibu menyusui yang bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk terus berjuang menyusui anak apapun kondisinya, dan terdapat pula wawasan-wawasan penting tentang menyusui seperti masalah-masalah menyusui dan cara mengatasinya (clogged duct, mastitis, bayi tidak bisa latch on/pelekatan pada putting, tongue tie dan lip tie pada bayi dsb). Hingga seputar mitos dan fakta menyusui. Di buku ini juga ada beberapa resep MPASI dan tips pemberian MPASI. Ohya, jadi dr.ratih itu juga sering memberikan seminar tentang MPASI loh. Dan beliau adalah dokter yang membuka mata saya bahwa persiapan MPASI itu tidaklah sulit. Bisa disiapkan dari bahan makan keluarga yang biasa dimakan sehari-hari.

Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun – Tiga Generasi 

Buku ini membahas tentang tips pengasuhan anak sejak masih newborn hingga batita. Sayangnya, buku ini tidak membahas hal-hal tentang pengasuhan anak dengan begitu kompleks. Namun, buku ini memiliki grafis yang keren, dan cukup menghibur mata ketika membacanya. Cocok buat orang-orang tipe visual hehe. Tapi jujur bagi saya pribadi, buku ini tidak cukup membantu karena hal-hal yang dibahas amat sangat mendasar. Kontennya terlalu mencondongkan animasi-animasi namun informasi nya tidak cukup mendetail. Biasanya setelah membaca beberapa hal yang menarik disini, saya lanjutkan kembali dengan membrowsing di internet informasi-informasi yang dirasa kurang jelas. Kalau kamu penyuka buku-buku yang ringan, colourful dan sederhana untuk dibaca buku ini boleh dibeli.

Itulah 5 buku kehamilan yang saya baca selama hamil,  Semoga bisa menjadi rekomendasi yang baik untuk kamu ya!

Rizka Edmanda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *